Minggu, 25 Oktober 2009

BERBAGAI SEGMEN MANFAAT DARI PRODUK YANG ADA DI MASYARAKAT

Segmentasi adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam. Atau proses mengelompokan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam. Secara umum , tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

Banyak sekali produk yang dihasilkan para produsen. Produk-produk tersebut akan dikelompokan ke segmen-segmen tertentu sesuai identifikasi yang dilakukan oleh setiap produsen. Adapun beberapa macam segmentasi yang dapat kita ketahui.

BASIS SEGMENTASI PASAR

Basis segmentasi pasar industrial :

Basis segmentasi untuk pasar industrial adalah aspek geografis , demografis, karakteristik operasioanal , pendekatan pembelian , factor situasinal , dan karakteristik-karakteristik personal.

  1. Geografis ( wilayah , sentra industri dan perdagangan. )
  2. Demografi ( jenis industri, kapasitas atau luas produksi )
  3. variable operasional ( tingkat teknologi, pola konsumsi, kapabiliti dan kebutuhan pelanggan )
  4. pendekatan pembelian ( tingkat wewenang bagian pembelian , struktur wewenang, kebijakan pembelian, criteria pembelian )
  5. factor situasinal ( tingkat kepentingan, penggunaan , tingkat pemesanan )
  6. Karakteristik personal ( kesamaan pembeli-penjual , sikap terhadap resiko, tingkat loyalitas terhadap pemasok).

Basis segmentasi pasar konsumen :

Basis segmentasi pasar bagi produk persahaan satu dengan yang lain belum tentu sama. Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek geografis, demografis, psikografis dan perilaku.

  1. Geografis ( wilayah , pemukiman , perkotaan dsb. )

Pasar dapat dibedakan menurut batas-batas wilayah atau daerah . Misalnya pasar daerah barat dan pasar daerah timur.

  1. Demografi ( usia , jenis kelamin, pendapatan , pendidikan , pekerjaan, dsb )

Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya jenis kelamin. Penjualan produk laki-laki akan berbeda desain dengan penjualan produk untuk wanita.

  1. Psikografis ( sikap, motivasi,persepsi, dsb )

Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya sikap konsumen terhadap produk tertentu.

  1. Kebiasaan ( membeli , mengkonsumsi, dsb )


Segmentasi perilaku dapat diukur menggunakan indikator sebagai berikut (Armstrong, 1997):

  1. Manfaat yang dicari
    Salah satu bentuk segmentasi yang ampuh adalah mengelompokkan pembeli menurut manfaat berbeda yang mereka cari dari produk. Segmentasi manfaat menuntut ditemukannya manfaat utama yang dicari orang dalam kelas produk, jenis orang yang mencari setiap manfaat dan merk utama yang mempunyai setiap manfaat. Perusahaan dapat menggunakan segmentasi manfaat untuk memperjelas segmen manfaat yang mereka inginkan, karakteristiknya serta merk utama yang bersaing. Mereka juga dapat mencari manfaat baru dan meluncurkan merk yang memberikan manfaat tersebut.
  2. Status Pengguna
    Pasar dapat disegmentasikan menjadi kelompok bukan pengguna, mantan pengguna,
    pengguna potensial, pengguna pertama kali dan pengguna regular dari suatu produk. Pengguna potensial dan pengguna regular mungkin memerlukan imbauan pemasaran yang berbeda.
  3. Tingkat Pemakaian
    Pasar dapat juga disegmentasikan menjadi kelompok pengguna ringan, menengah dan berat. Jumlah pengguna berat sering kali hanya persentase kecil dari seluruh pasar, tetapi menghasilkan persentase yang tinggi dari total pembelian. Pengguna produk dibagi menjadi dua bagian sama banyak, sebagian pengguna ringan dan sebagian lagi pengguna berat menurut tingkat pembelian dari produk spesifik.
  4. Status Loyalitas

Sebuah pasar dapat juga disegmentasikan berdasarkan loyalitas konsumen. Konsumen dapat loyal terhadap merek, toko dan perusahaan. Pembeli dapat dibagi menjadi beberapa kelompok menurut tingkat loyalitas mereka. Beberapa konsumen benar-benar loyal, mereka selalu membeli satu macam merek. Kelompok lain agak loyal,mereka loyal pada dua merek atau lebih dari satu produk atau menyukai satu merek tetapi kadang-kadang membeli merek lain. Pembeli lain tidak menunjukkan loyalitas pada merek apapun. Mereka mungkin ingin sesuatu yang baru setiap kali atau mereka membeli apapun yang diobral.


Di bawah ini adalah beberapa contoh produk dari 5 contoh segmen manfaat dari beberapa produk yang ada di masyarakat :

Tentunya masih banyak lagi contoh produk yang diproduksi oleh produsen yang masing-masing memiliki manfaat yang berbeda yang dirasakan oleh konsumen.

Nama : RIRIN YULIYANTI

Npm : 10207949

Kelas : 3EA06

Dosen / pengajar : YANTI BUDIASIH

Mata kuliah : PERILAKU KONSUMEN

Judul artikel : BERBAGAI SEGMEN MANFAAT DARI PRODUK YANG ADA DI MASYARAKAT



Referensi :

Budiarto, Teguh . “Dasar Pemasaran”. universitas gunadarma .Jakarta1993. Hal.52 – 54

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/segmentasi-pasar-definisi-manfaat-dan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar