Selasa, 17 November 2009

Perkembangan Bahasa Indonesia Pada Saat Ini


Indonesia adalah Negara Kepulauan yang memiliki berbagai macam kebudayaan,adat istiadat, suku bangsa, dan tentunya bahasa dari setiap suku bangsa yang berbeda.Dalam kehidupan ini komunikasi amatlah penting,oleh karena itu untuk mempermudah komunikasi diantara perbedaan yang begitu banyak,pada tanggal 28 Oktober 1928,salah satu isi dari Sumpah Pemuda menyatakan bahwa Bahasa Persatuan Bangsa Indonesia adalah Bahasa Indonesia.



Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi sehari-hari dalam melakukan berbagai kegiatan tentunya memiliki kaidah-kaidah kebahasaan yang amat sakral.Dan karena perkembangan zaman dan pengaruh globalisasi dunia maka,kaidah-kaidah tersebut sedikit demi sedikit bergeser dan hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan Bahasa Indonesia pada saat ini.



Bagaimana perkembangan bahasa Indonesia pada saat ini?

Sampai detik ini Bahasa Indonesia masih tetap sebagai bahasa persatuan Negara Indonesia.
Bahasa yang pada umumnya masih digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Namun,jika kita perhatikan dengan baik,kaidah-kaidah kebahasaan memang sedikit bergeser dalam penerapan sehari-hari.


Apa yang menyebabkan kaidah-kaidah bahasa tersebut bergeser?

Masuknya nilai-nilai budaya asing,pengaruh globalisasi, dan terutama perkembangan zaman telah membawa berbagai perubahan dalam tatanan kehidupan termasuk diantaranya dalam tatanan berbahasa.Unsur-unsur alami dalam Bahasa kita sedikit demi sedikit terpengaruh dan munculah dampak-dampaknya,dari yang positif hingga yang negatif.



Dan apa saja akibatnya dari pergeseran kaidah-kaidah bahasa tersebut?

Janganlah kita melihat jauh,lihatlah pada diri kita sebagai seorang pelajar.

Apa akibatnya?

Kita sebagai bangsa Indonesia kurang memahami bahwa berbahasa Indonesia yang baik dan benar adalah suatu perilaku yang mulia. Kita kurang menerapkan apa yang

kita pelajari. Kita selalu berteori tapi dalam prakteknya amatlah minim. Tidaklah sedikit penyimpangan dalam penulisan kata dan pengucapan dalam berbahasa sehari-hari. Bisa dikatakan bahwa dalam gaya berbahasa sehari-hari pada kalangan pelajar saat ini adalah seenak udelnya sendiri,sembarangan dan tidak tertata, kasar dan dapat menimbulkan kesalahpahaman.



Lalu,bagaimana solusinya?


Tidaklah salah jika awal untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah pada diri kita sendiri.Tanamkan kesadaran akan berbahasa Indonesia yang baik dan benar dan kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari demi perkembangan bahasa Indonesia pada saat ini dan seterusnya. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang ikut-ikut saja dan mudah terpengaruh. Jadi, jika kita berhasil mempengaruhi diri kita sendiri maka tidak menutup kemungkinan kita dapat mempengaruhi masyarakat lainnya.



Artikel ini dibuat agar kita semua mengetahui bagaimana perkembangan bahasa Indonesia pada saat ini dan mendiskusikannya secara bersama-sama bagaimana solusi dari permasalahan yang ada.


Dan dapat kita simpulkan bahwa :


  • Dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar berarti kita telah menghargai perjuangan para pahlawan kita.
  • Dengan Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar,kita sudah mencerminkan bagaimana keunggulan Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak perbedaan tetapi tetap satu jua,negara yang ramah dan bertutur kata yang baik dan sopan.
  • Kita sebagai pelajar harus membiasakan diri menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  • Lestarikan Bahasa Indonesia dengan kaidah-kaidahnya,jangan sampai unsure-unsur asing masuk ke dalamnya.

1 komentar:

  1. Bahasa itu sebaagai alat komunikasi so kita perlu menghargainya

    BalasHapus