Rabu, 01 Desember 2010

KOMPUTER DAN PEMERINTAH

PENDAHULUAN

Di suatu negara, pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu. Untuk itu pemerintah mempunyai tanggung jawab besar terhadap masyarakat. Berbagai masalah timbul di pemerintahan diantaranya kependudukan, perdagangan, kesehatan, industri, pegawai negeri, angkatan bersenjata.


Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, tentunya harus dibantu dengan sebuah alat yang dinamakan komputer. Dengan berbantukan komputer, masalah tersebut dapat teratasi dengan cepat. Secara umum pemerintah merupakan pemakai komputer terbesar. Berbagai jenis komputer digunakan untuk menunjang administrasi pemerintah. Di negara berkembang seperti Indonesia, pemerintah mulai banyak berperan dalam mengembangkan dunia usaha computer yang sehat, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan. Keadaan ini mendorong pemerintah untuk mengembangkan sikap yang hati-hati dan supel, agar kelangsungan hidup perusahaan penjual computer dapat dijamin. Keadaan semacam ini juga terdapat di negara maju seperti Amerika. Pemerintah tidak hanya sebagai pembeli dan pemakai komputer terbesar, akan tetapi juga sebagai pencipta bakuan industri yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan industri produk ini dimasa mendatang. Industri di negara tersebut selalu memperhatikan pengarahan pemerintah, demi menjaga kelangsungan hidupnya sendiri.


APLIKASI KOMPUTER DI PEMERINTAHAN


· Aplikasi Kepegawaian

Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) mulai memanfaatkan komputer sejak beberapa tahun yang lalu. Aplikasi kepegawaian ini meliputi bidang permasalahan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi pegawai, penentuan masa pensiun dll. PNS yang jumlahnya mendekati 3 Juta orang menyebabkan BAKN memanfaatkan komputer.



· Aplikasi di Pemerintahan Daerah

Sejak tahun 1973 pemerintah daerah sudah mempergunakan komputer untuk administrasinya. Aplikasi tersebut meliputi bidang kependudukan kepegawaian tingkat daerah, pajak-pajak daerah, perumahan dan lalu lintas. Tanpa aplikasi komputer ini permasalahan tersebut tidak dapat teratasi.


· STNK

Atau kepanjangan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan. Dalam pembuatan STNK, Polda Metro Jaya memanfaatkan fasilitas komputer pemda DKI untuk mengolah STNK. Dengan fasilitas ini, untuk pembaharuan atau perpanjang STNK dapat dilakukan dengan cepat.


· Dalam Bidang Bisnis

Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Informasi ini ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh perusahaan. Bila dalam suatu perusahaan, informasi tersebut terhenti atau terhambat, maka system perusahaan akan lusuh (kurangnya informasi). Keadaan pasar yang bersaing dan berkembang serta kompleknya suatu untuk semua tingkat manajemen.


· Di Bidang Perbankan

Di bidang perbankan, komputer digunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manjemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank.


· Di Bidang Kriminalitas

Komputer dapat menghasilkan statistik kriminalitas di suatu daerah. Sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan. Suatu program yang canggih telah dikembangkan dengan nama Crime Analysis Support System. Program ini dapat mengidentifikasikan suatu daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.


· Di bidang Penerbangan

Salah satu kegunaan komputer pada perusahaan penerbangan adalah untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat. Masih banyak lagi aplikasi-aplikasi pengolahan data dibidang pemerintahan dengan berbantukan komputer .


Info : perlu kita ketahui bahwa perkembangan aplikasi komputer di Indonesia tergolong lambat dibandingkan di negara lain yang berlangsung cepat, dimana faktor-faktor yang mempengaruhi ialah biaya, system administrasi pemerintah yang masih terus dikembangkan, sehingga komputerisasi masih harus menunggu hasil dari upaya pengembangan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar