Rabu, 01 Desember 2010

KOMPUTER DAN POLITIK

Di negara maju seperti AS, komputer berperan besar dalam dunia politik untuk melakukan beberapa hal:


Mencalonkan Diri

Cara pengumpulan dana tradisional sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Komputer dapat menjadi alat yang ampuh untuk melakukan hal ini. Sistem komputer untuk melakukan fungsi itu biasanya dimiliki oleh partai politik dan para pendukungnya. Teknik semacam ini juga biasa digunakan untuk memobilisasi dukungan pada suatu isu politik tertentu. Sistem untuk keperluan semacam ini biasanya terdiri dari sebuah komputer mini dengan kapasitas penyimpanan data menengah, pencetak dengan kecepatan tinggi, alat perekat prangko, dan operator untuk melaksanakan pemasukan data.


Siapa yang Dikehendaki Pemilih

Komputer sekarang digunakan untuk menyimpan hasil survei pendapat umum yang dapat dianalisis untuk menghasilkan data stastistik dan proyeksi-proyeksi tertentu. Sejak beberapa tahun lalu, model pemilihan calon telah dikembangkan. Sehingga masyarakat dapat memilih kandidat mereka meskipun dari rumah mereka masing-masing.


Siapa yang Menang

Bagi sebagian besar pemilih, momen yang paling menarik dari suatu proses pemilihan adalah menunggu siapa yang akan menang dalam pemilihan tersebut. Hasil tersebut biasanya ditayangkan melalui jaringan televisi dan radio. Sekarang, komputer banyak digunakan untuk melakukan prediksi tentang siapa yang diperkirakan akan menang dan dengan persentasenya. Meskipun perhitungan dengan komputer ini dapat dibilang akurat, hal itu justru mengundang kritik dari masyarakat sehingga harus dilakukan perbaikan dengan sistem tersebut.


CATATAN AKHIR

Aplikasi komputer bukan hanya semata-mata masalah teknologi. Kemampuannya untuk menyimpan data dan mengolah informasi terutama untuk proses pengambilan keputusan menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar