Rabu, 30 Desember 2009

CITRA (Image) SEBAGAI KEBERHASILAN SUATU PRODUK

Salah satu keberhasilan produk ditentukan oleh citra (image). Citra yang positif dari konsumen (pemakai) akan menguatkan posisi produk tersebut. Bila citra positif sebuah produk sudah tertanam, konsumen akan mengalami ketergantungan yang sangat kuat akan produk tersebut. Tetapi bila citra poduk sudah negative dimata konsumen, maka konsumen perlahan-lahan akan pergi.


Suatu perusahaan harus dapat mengetahui perilaku konsumen terhadap produknya. Bila mereka tidak dapat mengetaui bagaimana sikap konsumen terhadap produk perusahaan, maka perusahaan akan kehilangan pelanggan secara perlahan.


Mengukur Kekuatan Citra Produk

Jika produsen telah menawarkan suatu produk kepada konsumen, biasanya untuk langkah berikutnya adalah melakukan suatu penelitian untuk mengukur tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk itu maupun institusi yang menghasilakan. Meningkatkan angka permintaan belum tentu merupakan indikasi bahwa suatu produk telah diterima sepenuhnya. Bias saja angka permintaan hanya efek dari kegiatan promosi yang gencar, sehingga permintaan akan produk baru merupakan percobaan.


Seperti yang telah di ungkapkan di atas bahwa salah satu keberhasilan produk ditentukan oleh citra (image). Bila ekspansi pasar telah dilakukan , maka harus segera dilakukan penelitian untuk mengetahui posisi produk dalam format citra dalam masyarakat.


Pengertian dari citra suatu produk sendiri adalah gambaran yang diperoleh konsumen mengenai suatu produk. Setiap perusahaan harus berusaha semaksimal mungkin agar citra yang ada pada konsumen adalah suatu citra yang positif sehingga kelangsungan produksinya dapat teris berlangsung.


Bagaimana cara mengetahui bahwa “itu” adalah suatu citra produk?

Citra suatu produk dapat kita ketahui berdasarkan

· Pengalaman konsumen sendiri

· Berita dari “mulut ke mulut”

· Pandangan konsumen dari fisik sebuah produk

· Sistem pelayanan dari produsen

· Fasilitas yang disediakan oleh produsen

· Dll.



Mengukur Umpan Balik Konsumen terhadap Kualitas Sebuah Produk

· Membuat sejumlah pertanyaan yang dijabarkan dari indicator (indicator citra konsumen terhadap produk) atau biasa disebut dengan kuesioner

· Kuesioner disebarkan

· Kuesioner ditabulasikan

· Menghitung jawaban responden dengan daftar indeks.





referensi:

Panuju, Redi. 2000. Komunikasi Bisnis . PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. hlm 44


Tidak ada komentar:

Posting Komentar